You are here: Home > Semester 6, Web Database > Analisis Entity Relationship Diagram Untuk Twitter

Analisis Entity Relationship Diagram Untuk Twitter

ERD

Penjelasan dari Entity Relationship Diagram

Dalam analisis kami, fitur twiter yang kami fokuskan adalah Follow, Tweet Activity (Membuat tweet baru, retweet dan membalas tweet) serta pesan (mengirim dan menerima pesan).

Data pengguna twitter akan disimpan dalam table MsUser, dimana primary key nya adalah UserID, sedangkan UserName dan Email dibuat unique. Kami tidak membuat UserName sebagai Primary Key supaya lebih memudahkan dalam proses update atau delete tabel lain meskipun username sering diubah oleh pengguna. UserStatus untuk mengetahui apakah user ingin tweetnya bersifat public atau private. Bila bersifat public, semua user dapat melihat tweet dari user tersebut. Sementara bila bersifat private, tweet dari user tersebut hanya dapat dilihat oleh user yang menfollow.

Dalam table TrFollowUser terdapat transaksi follow maupun block, tergantung dari kolom Status.  Table ini akan memetakan Setiap UserID yang difollow (FollowedID) dan UserID yang men-follow (FollowerID).

Table TrTweet akan menyimpan tweet, dimana link akan disimpan dalam kolom Link (Untuk tweet berupa URL ataupun gambar, dapat berisi NULL) dan Content yang akan berisi text. ReferencesTweet akan menyimpan TweetID lain, jika tweet tersebut merupakan hasil retweet atau mereply suatu tweet. Jika tweet yang di post adalah tweet baru maka ReferencesTweetnya adalah kosong (NULL).

Table TrDirectMessage berisi transaksi kirim-mengirim pesan.

Secara keseluruhan setiap tabel mengandung kolom AuditedActivity, AuditedTime dan AuditedUser. AuditedActivity berisi status dari baris tersebut, apakah sudah terhapus, terupdate atau baru terinsert. AuditedTime menyimpan waktu terakhir dari insert, update atau delete baris tersebut sedangkan AuditedUser untuk menyimpan ID dari user yang terakhir mengubah baris tersebut.

 

www.binus.ac.id

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply